Jumat, 08 Juli 2011

Tugas Bahasa Indonesia: Memilih Makanan Sehat

Salah satu pola hidup sehat adalah memilih makanan sehat. Sebagai seorang muslimselain halal kita juga harus memperhatikan thoyyib atau tidaknya makanan yang kita makan. Thoyyib sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya baik, makanan yang baik adalah makanan yang membuat tubuh kita sehat bukan sebaliknya.

Zat aditif buatan yang ditambahkan ke dalam makanan dapat membuat makanan menjadi tidak sehat. Zat aditif buatan yang mungkin ditambahkan ke dalam makanan atau minuman ringan antara lain tartazin dan biru berlian untuk pewarna, sakarin dan siklamat untuk pemanis, asam benzoate utuk pengawet, MSG (monosodium glutamat) untuk penyedap atau aroma, dan masih banyak lagi.

Dampak dari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat aditif buatan sendiri bisa kita rasakan secara langsung seperti diare, disentri, typhus, dan gangguan pencernaan lain. Yang tidak langsung, sepeti gangguan pada otak, bahkan yang paling parah adalah dapat menyebabkan kanker dikemudian hari.

Akhir-akhir ini saya perhatikan banyak teman saya yang terkena penyakit pencernaan , mungkin salah satu penyebabnya adalah mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Saya jadi teringat pesan Mamah saya “ Jangan sampe kamu sekolah jauh-jauh cuma dapet penyakit! “. Nah, ayo dong teman-teman niat kita datang kesini untuk menuntut ilmu gimana bisa kita menuntut ilmu kalau kita lagi sakit?! Oleh karena itu, mulai dari sekarang milih makanan yang sehat ya jangan jajan sembarangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar