Sabtu, 02 Maret 2013

LEVITATION/Levitasi Photography


Levitasi photography adalah sebuah trik dalam dunia fotografi dimana fotografer dapat mendapatkan gambar dari seseorang dengan efek melayang. ( Source: http://yumantoko.blogspot.com/2012/03/contoh-foto-dari-levitasi-photography.html )

 Levitation (dari bahasa latin "ringan" levitas) adalah proses dimana objek dihentikan oleh kekuatan fisik melawan gravitasi, dalam posisi stabil tanpa kontak fisik yang solid. Sejumlah teknik yang berbeda telah dikembangkan untuk melayang materi, termasuk levitasi aerodinamis, magnet, akustik, elektromagnetik, elektrostatik, film gas, dan optik (wikipedia). Pada dasarnya, foto levitasi bisa dihasilkan melalui dua cara, yakni melalui olah digital atau secara manual (tanpa editing). Well, mungkin ini dia foto levitasi pertama. Cousin "Bichonade" in Flight, 1905 Karya Jacques-Henri Lartigue. ( Source: http://diary-sang-putri.blogspot.com/2013/01/levitasi.html )

Awalnya lagi iseng aja jalan-jalan ke toko buku, terus liat buku-buku tentang fotografi. Berhubung itu salah satu hobi saya. Saya memang mempunyai hobi melukis, baik melukis secara langsung atau pun melukis dengan cahaya. 

Nah pas lagi liat-liat buku, saya menemukan satu buku yang menarik menurut saya. Judulnya FOTOGRAFI LEVITASI. Pas liat cover depannya dalam benak saya berkata, "Oh, buku tentang teknik foto loncat, tapi kok kayaknya ada yang beda ya". Lalu saya baca-bacalah buku itu. ternyata memang beda. jadi levitasi itu lebih menekankan agar si objek foto itu kayak lagi melayang. Ada salah satu triknya disitu, jangan sampe kita itu keliatan lagi loncat. Jangan sampe rambut sama baju keliatan berkibar ke berbagai arah, jadi harus ke satu arah aja. Terus juga salah satu tips biar bagus gak berkibar, dijepit pake jepitan rambut. 

Tapi ada juga teknik levitasi yang gak pake loncat. Di buku itu di contohinnya sih pakai kursi. Nanti property tambahannya (red:kursi) di hapus dengan adobe photoshop. Nah ini gambar cover bukunya:


Source : http://www.google.co.id
Source : http://diary-sang-putri.blogspot.com





Nah, karena saya orangnya suka pengen tau. jadi pas pulang saya langsung gooling cari contoh-contoh gambar levitasi, dan ini dia hasil googling saya:


Source : http://x5d.org/cara-membuat-fotografi-levitasi#.UTKtKzedbMw
Source : http://www.ibtimes.com/levitating-girl-natsumi-hayashi-trick-jumping-right-photos-707533

Source : YOWAYOWACAMERA.COM
Source : YOWAYOWACAMERA.COM
Source : YOWAYOWACAMERA.COM
Source :
YOWAYOWACAMERA.COM
Source : http://lelykakusuma.blogspot.com/2012/11/foto-levitasi.html
Source : http://aext.net/2012/05/50-stunning-examples-tutorials-of-levitation-photography/
Source : http://aext.net/2012/05/50-stunning-examples-tutorials-of-levitation-photography/

Source :
YOWAYOWACAMERA.COM
Nah segitu aja ya, saya sendiri belum sempet
 
 nyoba teknik ini. lagi sibuk persiapan UN. Doain ya semoga saya sukses. Amin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar